Social Icons

Pages

Jumat, 11 Oktober 2013

Kenyataan-Kenyataan Sosial dan Masalah-Masalah Sosial Yang Terjadi di Masyarakat



Kenyataan-Kenyataan Sosial dan  Masalah-Masalah Sosial Yang Terjadi di Masyarakat


1.       Pendahuluan
Indonesia saat ini termasuk salah satu Negara yang masih dalam taraf perkembangan atau disebut dengan Negara berkembang. Tidak jauh berbeda dengan Negara berkembang lain di dunia, Indonesia juga sering menghadapi berbagai macam masalah yang kadangkala bias menghambat kemajuan. Salah satu yang paling menjadi problem serius adalah masalah sosial.
2.       Apa itu masalah sosial
Menurut Soerjono Soekanto masalah social adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok social. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan social seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
       Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah social yaitu seperti proses sosial dan dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
                Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi  4 jenis, yaitu :
1.       Faktor Ekonomi                : Kemiskinan,  pengangguran, dll
2.       Faktor Budaya                   : Perceraian, kenakalan remaja, dll
3.       Faktor Biologis                   :  Penyakit Menular, keracunan makanan, dsb
4.       Faktor Biologis                   : Penyakit Syaraf, aliran sesat, dsb

Masalah yang kadangkala juga punya hubungan  dengan budaya suatu daerah ini memang menjadi semacam virus atau penyakit yang sering kambuh,misalnya pada suatu masalah sosial yang sudah bisa terselesaikan.

Beberapa masalah sosialyang terjadi di tanah air.
Masalah Sosial Indonesia: Kemiskinan
Seseorang disebut miskin apabila ia tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar ini dijabarkan menjadi sandang, papan, pangan, kesehatan, dan pendidikan(walaupun dinegara maju kessehatan dan pendidikan umumnya ditanggung Negara).
Menurut ilmu sosiologi, ada beberapa hal yang menyebabkan kemiskinan:
       -Pilihan untuk menjadi  miskin,yang tercemin dari pola piker, pilihan hidup, dan perilaku individu : misalnya berperilaku malas dan tidak mau berusaha.
       -Sulitnya akses untuk mendapat pendidikan yang layak dan pekerjaan.
       -Perasaan terbiasa dengan kemiskinan (karena hidup dilingkungan miskin) sehingga menganggap kemiskinan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.
       -Kemiskinan sebagai akibat dari permasalahan structural, yaitu orang-orang miskin terjebak dalam kemiskinannya sebagai korban permasalahan struktur  sosial.


Masalah sosial Indonesia:  Pendidikan
Masalah pendidikan di Indonesia adalah cerita lama. Mulai dari bangunan roboh sampai anak-anak putus sekolah adalah masalah yang mendarah daginng  sejak dahulu. Inilah masalah pendidikan yang ada di Indonesia
       -Sulitnya akses pendidikan (di daerah-daerah)
       -Kurangnya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai
       -Kurangnya kualitas guru
       -Kesejahteraan guru yang sangat minim
       -Tidak relevannya kurikulum pendidikan dengan kebutuhan  hidup
       -Mahalnya biaya pendidikan
       -Tidak adanya kesadaran orang tua di daerah-daerah untuk menyekolahkan anaknya

Masalah sosial di Indonesia: Pengangguran
Pengangguran terkait dengan tidak seimbangnya jumlah pencari kerja dan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Orang yang disebut pengangguran adalah mereka  yang tidak memiliki sumber penghasilan sama sekali dan tengah mencari kerja. Tingkat pengangguran di Indonesia konon menurun sebanyak 6% dari 8,12 juta orang menjadi 7,61 juta orang.

3.       Tanggapan saya
Masalah sosial yang ada di Indonesia masih sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah. Karena, hampir di setiap bidang masalah sosial selalu ada dan bahkan pemerintah sama sekali tidak menyelesaikan masalah tersebut, yang ada hanya janji-janji palsu  yang membuat rakyat tergiur dengan slogan palsunya. Justru pemerintah banyak yang memperkaya diri sendiri dan itu saya anggap sebagai penculik uang Negara dan termasuk masalah sosial di bidang moral.
                Selain itu pemerintah perlu meningkatkan lapangan kerja agar pengangguran dapat diminimalisir. Karena semakin banyak pengangguran maka semakin berat beban Negara untuk kedepannya.
                Pendidikan di Indonesia juga masih dibawah standar, baik dalam hal sarana dan prasarana sekolah, anak-anak yang  tidak dapat bersekolah maupun guru-guru yang mengajar. Sebaiknya pemerintah melakukan peninjauan ke lapangan dan mendata sekolah-sekolah yang tidak memadai juga mendata anak-anak yang tidak dapat sekolah untuk disekolahkan. Soalnya kaum muda adalah penerus bangsa dari kaum tua. Jadi kalau kaum mudanya sudah kacau, bagaimana nasib bangsa ke depannya? Justru Negara yang akan terbangkalai.
                 Selain dari pendidikan, pemerintah harus memperhatikan moral anak bangsa yang semakin hari semakin tidak karuan arah tujuannya. Seperti tawuran antar pelajar, seks bebas, pemakaian obat terlarang, geng motor yang anarkis, dll. Otak pintar tapi moral tidak ada sama saja seperti mengerjakan sesuatu tanpa memperhatikan apa yang dikerjakan. Jika moral sudah tidak bersahabat, maka Negara mempunyai PR yang besar untuk menyelesaikannya. Seperti pejabat Negara yang hampir tiap saat terdengar korupsi, dan hukuman pun tidak sebanding dengan perbuatannya.
                 Maka daripada itu saya sebagai mahasiswa dan calon penerus bangsa, sudah sepatutnya mengklaim hal-hal yang senjang selama ini di Negara kita agar dapat diluruskan lagi ke kiblatnya agar Negara kita dapat lebih maju dan semua masalah sosial dapat diatasi.
               
http://organisasi.org/definisi-pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-macam-masalah-sosial-dalam-masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text

 
Blogger Templates