Social Icons

Pages

Selasa, 04 Oktober 2016

Penulisan Ilmiah

RINGKASAN PENULISAN ILMIAH



           

 










NAMA           : ANGGI DENICO VAREZA
NPM             : 51413006
KELAS          : 4IA08



UNIVERSITAS GUNADARMA
2016/2017

1.1.      Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan cepat. Salah satunya dapat kita lihat pada teknologi mobile phone. Dimana teknologi mobile phone yang dulu hanya bisa menelpon dan mengirim pesan singkat saja, sekarang sudah dapat digunakan sebagai media entertainment serta memberikan kemudahan dalam mengakses informasi melalui Internet yang disajikan dalam bentuk tampilan yang menarik serta futuristik.
Berdasarkan data statistik dari riset yang dilakukan oleh sebuah website internasional yang bernama http://gsmarena.com pada tanggal 28 Maret 2013 lalu, dapat diketahui sistem operasi Android merupakan yang paling banyak digunakan. Dimana riset ini dihitung berdasarkan total unit yang sudah terjual di pasaran dari masing-masing sistem operasi seperti Windows Phone, iOS, Android dan Symbian. Jadi, dapat kita katakan bahwa Android adalah sistem operasi yang ramai digunakan saat ini.
Seiring berkembangnya teknologi pada mobilephone dan banyaknya pengguna Android saat ini, penulis tertarik untuk membuat sebuah aplikasi berbasis Android yang akan mengkaji tentang objek-objek wisata alam di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.
Kota Bukittinggi terletak pada rangkaian Bukit Barisan yang membujur sepanjang pulau Sumatera, dan diapit oleh Gunung Marapi dan Singgalang. Hawa Kota ini terasa cukup sejuk karena terletak pada ketinggian 909-941 meter di atas permukaan laut. Dilihat dari struktur lahan, Bukittinggi memiliki topografi berbukit-bukit dan berlembah-lembah dan sebuah lembah yang cukup terkenal yang disebut dengan Lembah Sianok atau Ngarai Sianok. Peninggalan-peninggalan sejarah seperti Benteng Fort De Kock, Lubang Jepang dan Jam Gadang yang terletak di pusat Kota merupakan saksi bahwa Kota Bukittinggi termasuk Kota Perjuangan. Dan juga sebuah objek wisata yang bernama tembok raksasa. Yaitu sebuah objek wisata yang mirip dengan Tembok Raksasa di China. Hal ini  menjadikan Kota Bukittinggi sebagai kota yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. 
Meningkatnya kebutuhan manusia dalam bidang pariwisata hendaknya diiringi pula dengan kemampuan teknologi untuk menginformasikan tentang pariwisata itu sendiri. Agar memudahkan para wisatawan memperoleh informasi tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi beserta spesifikasi-spesifikasi objek wisatanya, sehingga para wisatawan merasa puas atas kunjungannya dan berniat untuk datang kembali, hingga merekomendasikannya kepada kenalan mereka. Namun hingga sekarang informasi tersebut belum dikemas dalam bentuk aplikasi.
Berdasarkan dari keterangan di atas maka dapat dibuat sebuah aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi Berbasis Android.

1.2.      Batasan Masalah
Batasan masalah pada penulisan ilmiah ini adalah pada cara pembuatan aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi dengan menggunakan software Eclipse Indigo. Aplikasi ini memberikan informasi tentang Jam Gadang, Ngarai Sianok, Tembok Besar Koto Gadang, Lubang Jepang dan Benteng Fort De Kock. Berikut dengan info, foto, peta offline dan kuliner.
         
1.3.      Tujuan Penulisan
Adapun tujuan Penulisan Ilmiah ini adalah untuk memudahkan pemberian informasi kepada para wisatawan dengan menyajikannya secara menarik, dapat diakses kapanpun dan dimanapun, mudah dimengerti dan interaktif, yaitu dengan membuat sebuah aplikasi yang cukup umum digunakan saat ini dan juga tidak ketinggalan zaman, yaitu aplikasi berbasis Android pada smartphone.




1.4.      Metode Penulisan
Beberapa metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah :
1.            Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data mengenai objek wisata di Bukittinggi mulai dari info, gambar, peta lokasi dan kuliner, melakukan studi kepustakaan dimana sumber diambil dari browsing di internet.
2.            Perancangan
Membuat perancangannya mulai dari rancangan tampilan menu dan juga navigasi serta storyboard untuk menggambarkan proses yang terjadi pada rancangan sistem aplikasinya.
3.            Proses Pembuatan
Dalam penulisan ini menggunakan pemrograman Java dengan jdk-7ul-windows-i564, Eclipse Indigo SR-2 win64 dengan plugin ADT v21.1.0 dan Android SDK installer_r32-windows untuk membangun aplikasi Android.
4.            Implementasi
Pada tahap implementasi aplikasi akan di uji coba pada emulator Android yang sudah dipasang ke PC, dan untuk perangkat mobile, aplikasi ini dapat dijalankan pada ponsel  Android mulai dari  versi OS 4.0 (Ice Cream Sandwich)

1.5.      Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dalam melengkapi dan menganalisa Penulisan Ilmiah ini maka dalam penyajiannya diuraikan ke dalam 4 (empat) bab, yaitu:
BAB 1 PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang Latar Belakang Permasalahan, Tujuan Penulisan, Batasan Masalah, Metode Penulisan, dan Sistematika Penulisan.



BAB 2           LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang teori-teori yang membantu dalam pembuatan aplikasi aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi berbasis Android yang meliputi: penjelasan tentang objek wisata Bukittinggi, Android, konfigurasi Eclipse Indigo, Android SDK dan ADT, XML dan  Java.

BAB 3 PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Menjelaskan mengenai perancangan aplikasi yang meliputi pembuatan navigasi dan storyboard untuk menggambarkan proses yang terjadi pada rancangan aplikasinya dan implementasi dalam pembuatan aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi.








Kesimpulan
          Dari hasil pembahasan Penulisan Ilmiah tentang pembuatan aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi berbasis Android, aplikasi ini dapat membantu memudahkan para wisatawan dalam mendapatkan informasi mengenai objek wisata di Bukittinggi beserta info, gambar objek wisata dan peta lokasinya.
Pembuatan program ini menggunakan bahasa pemrograman Java. Selain itu penulisan ini juga berguna bagi pembaca yang berminat dengan pembuatan aplikasi Android. Dan aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi ini menggunakan software Eclipse Indigo dalam pembuatannya dan didukung oleh SDK, dan ADT 10.0.0. Dengan ukuran 8,9 MB aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa smartphone bersistem operasi Android mulai versi 2.3 (Gingerbread)
Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilannya yang user friendly, memiliki informasi yang singkat namun berbobot, sehingga memudahkan pengguna aplikasi untuk memperoleh informasi tentang objek wisata di Bukittinggi. Kemudahan dalam perancangan aplikasi menggunakan Eclipse Indigo ini adalah pada membuat sebuah command seperti Button, TextView, ImageView dan ScrollView dapat dilakukan tanpa mengetik koding. Cukup dengan memilih command yang diinginkan pada jendela palette dan meletakkannya ke posisi yang diinginkan. Dan satu lagi kemudahan dalam penggunaan software Eclipse Indigo yaitu apabila ada sebuah program yang salah maka ada indikator yang memberi petunjuk dimana letak kesalahannya sekaligus menawarkan beberapa solusinya.
Namun ada juga kekurangan dari software ini, yaitu pada saat semua file kodingan sudah benar tetapi ada sebuah file error dalam kodingannya maka aplikasi ini benar-benar tidak dapat dijalankan pada emulator. Dan untuk aplikasi ini sendiri termasuk aplikasi yang berat, sehingga memakan waktu yang sangat lama jika ingin mencoba program dengan Android Emulatornya.
Aplikasi ini telah diimplementasikan dan dapat berjalan dengan normal pada lima smartphone berbasis Android yaitu Sony Ericsson Xperia Ray ST18i, Samsung Galaxy GT N-7000, Smartfren Andromax U, Sony Xperia J ST26i dan HTC Desire. Uji coba Aplikasi Informasi Objek Wisata Bukittinggi yang telah dilakukan pada 30 responden mendapatkan hasil sebagai berikut: 58.75% sangat setuju, 31% setuju, 7.25% tidak setuju dan 3% sangat tidak setuju.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text

 
Blogger Templates