RINGKASAN
PENULISAN ILMIAH
NAMA : ANGGI DENICO VAREZA
NPM : 51413006
KELAS : 4IA08
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016/2017
1.1.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi saat
ini berkembang dengan cepat. Salah satunya dapat kita lihat pada teknologi mobile phone. Dimana teknologi mobile phone yang dulu hanya bisa
menelpon dan mengirim pesan singkat saja, sekarang sudah dapat digunakan
sebagai media entertainment serta
memberikan kemudahan dalam mengakses informasi melalui Internet yang disajikan
dalam bentuk tampilan yang menarik serta futuristik.
Berdasarkan data statistik
dari riset yang dilakukan oleh sebuah website
internasional yang bernama http://gsmarena.com pada
tanggal 28 Maret 2013 lalu, dapat diketahui sistem operasi Android merupakan
yang paling banyak digunakan. Dimana riset ini dihitung berdasarkan total unit
yang sudah terjual di pasaran dari masing-masing sistem operasi seperti Windows Phone, iOS, Android dan Symbian.
Jadi, dapat kita katakan bahwa Android adalah sistem operasi yang ramai
digunakan saat ini.
Seiring berkembangnya
teknologi pada mobilephone dan
banyaknya pengguna Android saat ini, penulis tertarik untuk membuat sebuah
aplikasi berbasis Android yang akan mengkaji tentang objek-objek wisata alam di
daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.
Kota Bukittinggi terletak pada rangkaian Bukit Barisan
yang membujur sepanjang pulau Sumatera, dan diapit oleh Gunung
Marapi dan Singgalang. Hawa Kota ini terasa cukup sejuk karena terletak pada
ketinggian 909-941 meter di atas permukaan laut. Dilihat dari struktur lahan,
Bukittinggi memiliki topografi berbukit-bukit dan berlembah-lembah dan sebuah
lembah yang cukup terkenal yang disebut dengan Lembah Sianok atau Ngarai Sianok.
Peninggalan-peninggalan sejarah seperti Benteng Fort De Kock, Lubang Jepang dan Jam Gadang yang terletak di pusat
Kota merupakan saksi bahwa Kota Bukittinggi termasuk Kota Perjuangan. Dan juga
sebuah objek wisata yang bernama tembok raksasa. Yaitu sebuah objek wisata yang
mirip dengan Tembok Raksasa di China. Hal ini
menjadikan Kota Bukittinggi sebagai kota yang ramai dikunjungi oleh
wisatawan, baik itu wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.
Meningkatnya kebutuhan
manusia dalam bidang pariwisata hendaknya diiringi pula dengan kemampuan
teknologi untuk menginformasikan tentang pariwisata itu sendiri. Agar memudahkan
para wisatawan memperoleh informasi tempat apa saja yang menarik untuk
dikunjungi beserta spesifikasi-spesifikasi objek wisatanya, sehingga para
wisatawan merasa puas atas kunjungannya dan berniat untuk datang kembali,
hingga merekomendasikannya kepada kenalan mereka. Namun hingga sekarang
informasi tersebut belum dikemas dalam bentuk aplikasi.
Berdasarkan dari keterangan
di atas maka dapat dibuat sebuah aplikasi
Informasi Objek Wisata di Bukittinggi Berbasis Android.
1.2.
Batasan Masalah
Batasan masalah pada
penulisan ilmiah ini adalah pada cara pembuatan aplikasi Informasi Objek Wisata
di Bukittinggi dengan menggunakan software
Eclipse Indigo. Aplikasi ini memberikan informasi tentang Jam Gadang, Ngarai
Sianok, Tembok Besar Koto Gadang, Lubang Jepang dan Benteng Fort De Kock. Berikut
dengan info, foto, peta offline dan
kuliner.
1.3.
Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan Penulisan Ilmiah ini adalah untuk memudahkan pemberian informasi kepada para
wisatawan dengan menyajikannya secara menarik, dapat diakses kapanpun dan
dimanapun, mudah dimengerti dan interaktif, yaitu dengan membuat sebuah
aplikasi yang cukup umum digunakan saat ini dan juga tidak ketinggalan zaman,
yaitu aplikasi berbasis Android
pada smartphone.
1.4.
Metode Penulisan
Beberapa metode yang
digunakan dalam penulisan ini adalah :
1.
Pengumpulan
Data
Untuk
mengumpulkan data mengenai objek wisata di Bukittinggi mulai dari info, gambar,
peta lokasi dan kuliner, melakukan studi kepustakaan dimana sumber diambil dari
browsing di internet.
2.
Perancangan
Membuat
perancangannya mulai dari rancangan tampilan menu dan juga navigasi serta storyboard untuk menggambarkan proses
yang terjadi pada rancangan sistem aplikasinya.
3.
Proses
Pembuatan
Dalam
penulisan ini menggunakan pemrograman Java dengan jdk-7ul-windows-i564, Eclipse
Indigo SR-2 win64 dengan plugin ADT v21.1.0 dan Android SDK
installer_r32-windows untuk membangun aplikasi Android.
4.
Implementasi
Pada
tahap implementasi aplikasi akan di uji coba pada emulator Android yang sudah
dipasang ke PC, dan untuk perangkat mobile,
aplikasi ini dapat dijalankan pada ponsel
Android mulai dari versi OS 4.0 (Ice Cream Sandwich)
1.5.
Sistematika Penulisan
Untuk
mempermudah dalam melengkapi dan menganalisa Penulisan Ilmiah ini maka dalam
penyajiannya diuraikan
ke dalam 4 (empat) bab, yaitu:
BAB
1 PENDAHULUAN
Bab
ini menjelaskan tentang Latar Belakang Permasalahan, Tujuan Penulisan, Batasan
Masalah, Metode Penulisan, dan Sistematika Penulisan.
BAB
2 LANDASAN
TEORI
Menjelaskan
tentang teori-teori yang membantu dalam pembuatan aplikasi aplikasi Informasi
Objek Wisata di Bukittinggi berbasis Android yang meliputi: penjelasan tentang
objek wisata Bukittinggi, Android, konfigurasi Eclipse Indigo, Android SDK dan
ADT, XML dan Java.
BAB
3 PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Menjelaskan
mengenai perancangan aplikasi yang meliputi pembuatan navigasi dan storyboard untuk menggambarkan proses
yang terjadi pada rancangan aplikasinya dan implementasi dalam pembuatan
aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi.
Kesimpulan
Dari hasil pembahasan Penulisan Ilmiah tentang pembuatan
aplikasi Informasi Objek Wisata di Bukittinggi berbasis Android, aplikasi ini
dapat membantu memudahkan para wisatawan dalam mendapatkan informasi mengenai
objek wisata di Bukittinggi beserta info, gambar objek wisata dan peta
lokasinya.
Pembuatan program ini
menggunakan bahasa pemrograman Java. Selain itu penulisan ini juga berguna bagi
pembaca yang berminat dengan pembuatan aplikasi Android. Dan aplikasi Informasi
Objek Wisata di Bukittinggi ini menggunakan software Eclipse Indigo dalam
pembuatannya dan didukung oleh SDK, dan ADT 10.0.0. Dengan ukuran 8,9 MB
aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa smartphone bersistem operasi Android
mulai versi 2.3 (Gingerbread)
Kelebihan dari aplikasi ini adalah
tampilannya yang user friendly,
memiliki informasi yang singkat namun berbobot, sehingga memudahkan pengguna
aplikasi untuk memperoleh informasi tentang objek wisata di Bukittinggi.
Kemudahan dalam perancangan aplikasi menggunakan Eclipse Indigo ini adalah pada
membuat sebuah command seperti Button, TextView, ImageView dan ScrollView dapat dilakukan tanpa mengetik
koding. Cukup dengan memilih command yang
diinginkan pada jendela palette dan
meletakkannya ke posisi yang diinginkan. Dan satu lagi kemudahan dalam
penggunaan software Eclipse Indigo
yaitu apabila ada sebuah program yang salah maka ada indikator yang memberi
petunjuk dimana letak kesalahannya sekaligus menawarkan beberapa solusinya.
Namun ada juga kekurangan
dari software ini, yaitu pada saat
semua file kodingan sudah benar tetapi ada sebuah file error dalam kodingannya
maka aplikasi ini benar-benar tidak dapat dijalankan pada emulator. Dan untuk
aplikasi ini sendiri termasuk aplikasi yang berat, sehingga memakan waktu yang
sangat lama jika ingin mencoba program dengan Android Emulatornya.
Aplikasi ini telah
diimplementasikan dan dapat berjalan dengan normal pada lima smartphone
berbasis Android yaitu Sony Ericsson Xperia Ray ST18i, Samsung Galaxy GT
N-7000, Smartfren Andromax U, Sony Xperia J ST26i dan HTC Desire. Uji coba
Aplikasi Informasi Objek Wisata Bukittinggi yang telah dilakukan pada 30
responden mendapatkan hasil sebagai berikut: 58.75% sangat setuju, 31% setuju,
7.25% tidak setuju dan 3% sangat tidak setuju.
0 komentar:
Posting Komentar