Social Icons

Pages

Jumat, 11 November 2016

Sikap Menghargai Orang Lain (Toleransi)


          Menurut saya toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan antarsesama manusia. Dengan memiliki sikap toleransi, menunjukkan luasnya pola pikir seseorang sekaligus menunjukkan pemahamannnya mengenai kondisi alam semesta yang sangat beraneka ragam ini. Sikap toleransi merupakan landasan utama seseorang dalam membangun kehidupan yang penuh ketenangan di lingkungan masyarakat
          Untuk dapat memiliki sikap toleransi diperlukan pengendalian diri, sehingga tingkat kearifan dan kebijaksanaan seseorang dalam memandang lingkungannya merupakan suatu sistem yang saling membutuhkan. Untuk mengembangkan sikap toleransi inilah para pendiri bangsa Indonesia menetapkan lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan motto “Bhinneka Tunggal Ika”.
          Dunia sekarang sedang diuji oleh kelaparan dan kemiskinan dari satu segi dan di segi lain dengan penghamburan kekayaan dan kesombongan. Banyak manusia saat ini sudah lupa akan peristiwa sejarah masa lalu yang kelam, dunia dirusak oleh manusia-manusia yang serakah. Contoh seperti Perang Dunia I, Perang Dunia II.
   Sikap dan perilaku toleransi dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, dimanapun kita berada, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, bahkan berbangsa dan bernegara.
          Contoh yang saya ambil tentang sikap toleransi yaitu yang ada dilingkungan kampus yaitu mendengarkan dosen saat menerangkan materi. Kita sebagai mahasiswa harus mempunyai sikap toleran saat dosen menjelaskan materinya dengan cara memperhatikan, tidak sibuk sendiri, dan tidak mengobrol dengan teman disebelah. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas akan terasa nyaman dan ilmu yang diberikan akan cepat dimengerti. Lain hal nya seandainya kita tidak mempunyai sikap toleransi saat dosen menjelaskan materi. Pasti didalam kelas terasa tidak nyaman, ilmu yang didapat sedikit dan akhirnya dosen menjadi malas untuk melanjutkan materinya Karena tidak ada sikap toleransi dari mahasiswanya. Jadi alangkah baiknya kita saling bertoleransi ke semua orang kerena dengan adanya toleransi hubungan persaudaraan terjalin semakin erat.
          Contoh kedua berdasarkan pengalaman saya yaitu merencanakan tempat liburan bersama teman kampus. Disaat akhir semester pasti kita ingin refreshing dengan mengadakan kunjungan wisata ketempat yang bagus untuk dikunjungi. Disaat itulah mungkin kita banyak mengeluarkan pendapat tentang tujuan tempat wisata, kegiatan yang dilakukan selama berada ditempat wisata, dan lain lain. Saat berdiskusi kita harus memliki sikap toleran yaitu mendengarkan tanggapan teman, mempertimbangkan keluhan dari anggota, dan tidak ego saat mengambil keputusan. Apabila seperti itu maka akan terjalin suatu rencana yang mengasyikkan dan berjalan dengan mulus. Sebaliknya, apabila kita tidak memiliki sikap toleran maka akan terjadi tidak harmonisnya hubungan antara yang satu dengan yang lainnya dan berakibat gagal wacana yang telah direncanakan.
          Contoh ketiga yaitu toleransi saat diasrama SMA. Di SMA saya terdiri dari suku yang berbeda-beda, agama yang berbeda, dan kebiasaan yang berbeda. Kami saling menghormati dan jarang terjadi pertikaian. Di asrama kami saling bertoleransi seperti saat datangnya shalat yang umat muslim akan melaksanakan shalat dan yang non muslim tidak berisik dan membuat kegaduhan. Saat belajar di asrama kami saling menjaga ketenangan agar kita sama-sama mengerti satu sama lain. Saat mandi pun kami tidak bisa bebas seperti dirumah menghabiskan air dikarenakan kasian dengan  yang belum mandi. Saat makan tiba pun kami tidak makan sebanyak-banyaknya  Karena yang lain takut tidak kebagian makanannya. Dengan seperti itu maka terjalinlah hubungan persaudaraan yang erat diantara kami dengan menjunjung sikap toleransi yang tinggi. Maka jarang diantara kami terjadi permusuhan didalam asrama dikarenakan masing-masing dari kita saling bertoleransi terhadap teman yang lainnya.
          Kesimpulannya adalah kehidupan bermasyarakat memang sangat penting bagi setiap insan manusia. Sesuai dengan karakter manusia yang indentik sebagai makhluk sosial ternyata ada satu sikap baik menjadi satu modal terciptanya kerukunan yakni sikap Toleransi. Indonesia terkenal dengan berbagai agama dan suku bangsa, maka dari itu sikap toleransi sangatlah penting dalam hidup bermasyarakat.
          Kurangnya sikap toleransi antar manusia bisa diakibatkan adanya rasa egois yang terlalu tinggi. Dibutuhkan pengendalian rasa egois disetiap insan manusia agar nantinya tidak terjadinya konflik atas nama persoalan pribadi.
          Masyarakat Indonesia sudah mengenal kata musyawarah, namun dalam kenyataannya masih ada beberapa masalah yang sulit diselesaikan dengan musyawarah. Kurangnya sikap menghargai dan toleransi menjadi pemicu terjadinya konflik. Maka dari itu dibutuhkan sikap toleransi di kehidupan sehari-hari supaya pemutusan satu masalah bisa melalui langkah musyawarah mufakat.
         

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text

 
Blogger Templates