Social Icons

Pages

Selasa, 11 April 2017

Tugas 2

A STUDY ON CLOUD COMPUTING ADOPTION IN E-BUSINESS
Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.
Tiga Model Utama Komputasi Awan Visi "Everything as a Service" (XaaS) dari aplikasi cloud telah dikaitkan dengan banyak layanan inti yang disediakan oleh penyedia layanan awan misalnya aplikasi, platform, layanan web, database, proses, dan sebagainya.
1. Platform sebagai Service (PaaS)
2. Software sebagai Service (SaaS)
3. Infrastruktur sebagai Pelayanan (IaaS)

Ø  Model implementasi cloud computing

1. Private Cloud
2. Community Cloud
3. Public Cloud
4. Hybrid cloud
Ø  Dampak komputasi awan di dunia bisnis
Di sisi konsumen, mereka dapat mengakses semua dokumen dan data mereka dari perangkat manapun selama mereka terhubung ke jaringan Internet. Di sisi lain, perusahaan akan dapat menyewakan daya komputasi dan penyimpanan dari penyedia layanan awan dan membayar sesuai permintaan. Skalabilitas dan fleksibilitas penyediaan layanan komputasi awan memungkinkan perusahaan kecil untuk naik atau turun untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka
Ø  Manfaat Bisnis Adopsi Cloud
1. Pengurangan biaya / penghematan
Dengan virtualisasi, beberapa sistem operasi dapat berjalan secara bersamaan pada satu buah komputer.
2. Skalabilitas dan fleksibilitas
virtualisasi digunakan sebagai sarana untuk improvisasi skalabilitas dari perangkat keras yang ada.
3. Aksesibilitas dan mobilitas
memungkinkan pengguna sistem GT4 melakukan monitoring proses komputasi yang tengah berjalan sehingga masalah yang timbul dapat segera diketahui.
4. Akses ke sumber daya TI yang lebih baik
memungkinkan pengguna mengakses data yang berukuran besar dari simpul-simpul komputasi yang tergabung dalam sistem komputasi grid secara efisien dan dapat diandalkan.
5. Kurangi konsumsi daya
Virtualisasi perangkat lunak dan penyelesaian masalah dapat berjalan lebih cepat dan mencakup domain yang lebih luas.

          Komputasi awan adalah teknologi canggih yang berkembang secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Ini memiliki nilai bisnis yang cukup besar. Bisnis bisa mendapatkan banyak manfaat / nilai bisnis jika awan itu benar diimplementasikan dan diintegrasikan. Dengan pemanfaatan komputasi grid, perusahaan besar dengan banyak cabang yang berarti  terpisah oleh geografis, maka dapat didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Dalam hal ini  bisa disebut sebagai parallel computing baik itu secara riil maupun virtual. Virtualisasi beberapa sistem operasi dapat berjalan secara bersamaan pada satu buah komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text

 
Blogger Templates