Social Icons

Pages

Senin, 08 Desember 2014

Web Programing Sederhana dengan Menambahkan Fungsi IED ( Insert,Edit,Delete )

Web Programing Sederhana dengan Menambahkan Fungsi IED ( Insert,Edit,Delete )

Disini saya akan melanjutkan apa yang telah saya posting sebelum tentang pembuatan Form Login dan sekarang akan di lanjutkan dengan menambahkan fitur untuk bisa memasukan, mengedit, menghapus dan mencari data. Masih dengan menggunakan database rawat_inap sekarang kita akan menambahkan beberapa fitur tersebut.

1. Memperbarui Schema Database

Disini kita membuat table baru dengan nama pasien yang memiliki 3 coloumn yaitu : no_pasien , nama_pasien dan alamat. Dengan struktur databasenya no_pasien sebagai Primary Key dan Not Null agar nomor setiap pasien tidak ada yang sama.





Sama dengan pembuatan form login lalu, kita hanya perlu menambahkan 3 field untuk memasukan datanya. Nama field pada textbox harus sama dengan yang tertulis di database agar tidak sulit mengubahnya. Berikut contohnya penulisannya :




Simpan dengan nama home.php ,sekarang kita akan membuat file .php untuk memasukan data yang kita telah masukan barusan ke database. Nama field pada textbox barusan ada kunci untuk direkam datanya yang nanti akan dimasukan ke database. dengan memanggil file koneksi agar terhubung dengan SQL nya lalu kita masukan querynya.



Simpan file tersebut dengan nama tambahpasien.php ,pada dalam tanda kurung yang pertama adalah nama field yang ada di database  dan tanda kurung ke dua setelah values adalah isi datanya, dengan demikian bisa kita lihat bahwa no_pasien memiliki isi data yang ada pada $no , nama_pasien dengan $nama dan alamat dengan $al. Jika berhasil akan muncul kembali halaman home dan jika gagal akan muncul tulisan gagal. Sekarang kita akan membuat tampilan yang menunjukan jika datanya telah masuk ke database atau belum.

Buka kembali file home.php lalu tambahkan syntax berikut dibawahnya :




3. Membuat Edit Data

Buatlah form tabel yang sama dengan pembuat file input yang sebelumnya tadi dibuat, tetapi memiliki perbedaan pada textboxnya disini kita menambahkan value untuk mengisi textboxnya dengan data yang ingin kita edit nantinya.



Simpan file tersebut dengan nama editpasien.php , sekarang masuk ke file lanjutannya yaitu query untuk mengupdate. Berikut adalah potongan codenya :



Simpan dengan nama file update.php.

4. Menghapus Data

Sama dengan file yang kita bikin sebelumnya update.php, untuk menghapus disini tidak terlalu banyak mengalami perubahan hanya saja di querynya. Gambaran yang lebih terlihat adalah jika saat mengedit menggunakan Update , untuk menghapus menggunakan Delete. Langsung saja ke potongan code programnya :




Simpan file dengan nama deletepasien.php .Langsung saja kita coba untuk test hasil dari apa yang telah kita buat tadi. Berikut adalah hasilnya seperti ini :











Jika ingin memberikan variasi dekorasi dengan webnya anda bisa tambahakan CSS untuk membuat tampilannya lebih menarik, anda bisa membuatnya sendiri atau pun juga bisa mendownloadnya gratis maupun bayar itu tergantung dengan selera anda masing-masing.

Sekian dari tutorial form login web programing sederhana dari saya, Sekian. Terima Kasih




0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text


Sample Text

 
Blogger Templates